Kenapa Saat Terbangun Kita Tiba -Tiba Kita Terasa Pusing ?

Waktu terjaga dan beraktivitas, otot manusia mengalami ketegangan. Tetapi waktu tidur, otot-otot itu mengendur dan beristirahat. Hal yang sama juga berlaku pada otot leher. Waktu kita terjaga, otot tegang leher karena harus menahan kepala yang berat, tetapi pada waktu kita tidur otot leher tidak menggunakan tenaganya untuk menopang kepala, sekaligus sambil mengendurkan otot yang tegang.

Saat kita tidur sambil duduk dan tiba-tiba kepala seakan mau jatuh, itu karena otot-otot leher mengendur sehingga kepala yang berat pun tidak tertopang dengan baik. Kalau saat itu tidur belum sepenuhnya, kita pasti akan terbangun karena kaget dan kepala kita pasti langsung kembali ke posisi semula. Dengan kata lain, kita tidur dengan kepala turun-naik karena otot leher yang mengendur dan menegang kembali secara berulang-ulang.

Sebaliknya, bila kita tertidur lelap dan tiba-tiba terbangun, kita akan merasa sangat pusing dan sampai tidak tahu arah. Ini karena kita belum terbangun sepenuhnya. Keadaan belum terbangun sepenuhnya ini adalah ketika tubuh kita telah bangun, tetapi otak kita belum. Saat itu otak kita belum siap menerima dengan benar perintah dari seluruh organ di tubuh kita. Terkadang kita sampai melakukan hal-hal konyol seperti menabrak dinding ketika berjalan.

Delete this element to display blogger navbar

 
© Noblogandi | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger