Asal Usul Pizza Si Roti Bundar



Pizza makanan enak yang menjadi bagian dari kita sehari-hari ini ternyata sudah ada sejak 3000 tahun lalu lho, wah lama juga ya. Bahkan roti bundar tipis sebetulnya sudah ada sejak 6000 tahun lalu. Kata” pizziare” sendiri berasal dari bahasa Italia dan muncul 1000 BC.

Tomat sendiri pertama kali dikenalkan ke Italia dari Amerika selatan di tahun 1522. Pada awalnya tomat ini diyakini beracun. Namun keraguan itu akhirnya pudar dan di abad ke 17 tomat mulai popular dan mulai dijadikan topping roti, inilah pizza pertama yang dibuat oleh manusia.

Seiring dengan kepopuleran tomat, keju mozzarella juga mulai mendapat tempat. Mozzarella mulai tersedia di Italia setelah susu kerbau diimpor dari India di abad ke 7. Mozzarella ini awalnya dibuat dari susu kerbau lho. Namun pemakaian keju dan tomat di pizza baru ada setelah tahun 1889.

Di tahun 1889, seorang pengusaha Italia bernama Don Raffaele Esposito membuat pizza dengan memasukkan tomat, keju mozzarella dan daun basil, bahan makanan yang mencitrakan warna bendera italia. Esposito ini menaminya margherita pizza yang diambil dari nama ratu Italia, Margherita Teresa Giovanni. Saat inilah dimana pizza modern lahir.

Nah baru mulai pertengahan abad ke 19, pizza hijrah ke Amerika dibawa oleh orang-orang italia. Imigran Italia juga mulai memberanikan membuka bakery dan salah satu yang dijual adalah pizza. Gennaro Lombardi membuka resto pizza pertama di Amerika di tahun 1905 di Spring Street di New York City, area yang dikenal sebagai “little Italy”.

sumber : http://www.lapar.com

Delete this element to display blogger navbar

 
© Noblogandi | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger